Selamat Datang Pemimpin Baru Provinsi Gorontalo

Tiga bulan yang lalu seluruh masyarakat Gorontalo diberikan tiga pilihan kandidat yang bertarung di pemilihan Gubernur yang ditetapkan oleh KPU Provinsi Gorontalo. Tatkalah KPU menetapkan tiga kandidat Calon Gubernur mulailah mesin politik bergerak bahkan suhu politik sangat tinggi hampir kita tidak bisah mempetahkan yang mana lawan dan yang mana teman. Kerna semua kandidat memiliki Tim sukses, dan para Tim sukses mensosialisasikan Visi dan Misi kandidatnya masing-masing. Dan sedikit tidaknya memberikan pelajaran politik kepada masyarakat sadar dan tidak sadar tentu kiranya kita harus menghormati alam demokrasi sekarang yang kita coba bangun di negeri tercinta ini khususnya di Provensi Gorontalo yang baru saja usai melaksanakan pesta Demokrasi.

Tatkalah usai pesta Demokrasi tentu ada yang keluar jadi pemenang dan ada yang kalah. Yang kalah menjadi pendukung dan penopan jalannya pemerintahan demi keutuhan dan kesejahteraan Masyarakat provensi Gorontalo pada umumnya. Selamat datang pemimpin baru yang tidak asing lagi namanya di seluruh lapisan masyarakat provensi Gorontalo yang teruji kepemimpinannya dari Bupati menjadi Gubernur, dari Sekda menjadi Wakil Gubernur. Semoga masyarakat provinsi Gorontalo semakin sejahtera kedepan, marilah kita bergandengan tangan untuk mewujudkan Visi dan Misi Gubernur Provensi Gorontalo yang baru saja dilantik.

Lupakanlah apa yang terjadi tiga bulan yang lalu itulah alam demokrasi, penulis hanya ingin mengajak kepada seluruh kandidat yang kalah dan para Tim sukses untuk menerimah kekalahan secara lugowo “Petarung sejati adalah petarung yang selalu menghormati kekalahnya”. Marilah kita mendukung Visi dan Misi Gubernur Provensi Gorontalo untuk mendorong pembangunan dan kesejahteraan masyarakat gorontalo untuk mengujudkan pemerintahan yang baik (good governance).

Duet Ideal for Gorontalo

Rusli Habibie dan Idris Rahim sangat ideal kerna perpaduan antara politisi dan Birokrasi yang tidak bisa diragukan kinerjanya masing-masing. Rusli Habibie yang sudah arang melintang di dunia politisi sementara Idris rahim yang banyak menelan pahit getirnya berbagai persoalan di birokrasi bahkan beliau salah satu Birokrat yang bersih. Jadi perpaduan dua alam yang berbeda maka kredibilitasnya tidak diragukan lagi doel pemimpin baru Provensi Gorontalo untuk mewujudkan  provensi Gorontalo bisa bersain secara Nasional dan Internasional dengan provensi-provensi lain yang ada di indonesia.

Harapan buat pemimpin baru kedepan

Marilah kita sambut pemimpin baru kita untuk mewujudkan visi dan misinya lima tahun kedepan saling bergandengan tangan dan hilangkan dendam politik yang selama ini terjadi karena pemimpin yang Ideal adalah tidak ada dendam politik tatkalah dia terpilih menjadi pemimpin untuk menjalankan amanah lima tahun kedepan agar perjalanan roda kepemimpinan tidak ada batu sandungan inilah yang kami harapkan sebagai masyarakat Gorontalo.

Usailah pertarungan maka usailah permainan politik yang sarat dengan dendam politik mari kita saling bahu membahu untuk membangun gorontalo, mendorong pembangunan yang ditinggalkan gubernur lama meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dengan asas pemerintahan yang layak untuk mencapai Good governance. Kemenangan bukan segala-galahnya dalam pertarungan tetapi kemenangan adalah sebua amana dan tanggung jawab penuh kepada Duel Rusli Habibie dan Idris Rahim untuk mewujudkan Visi dan Misi tapi itu semua adalah butuh bantuan dari seluru elemen dan lapisan masyarakat  yang ada di Gorontalo.

Kita menitip beratkan amanah di pundak duel Rusli Habibie dan Idris Rahim dalam membangun Gorontalo menuju kearah yang lebih sejahtera. Selamat pemimpin baru semoga dapat membawa provinsi gorontalo go internasional dan tetap berada di koridor yang ada karena dalam menjalankan pemerintah tidak terlepas dari prinsip Otonomi Daerah yaitu UU Nomor 32 tahun 2004 yakni menggunakan prinsip otonomi seluas-luasnya dan prinsip otonomi yang nyata serta bertanggung jawab.

Prinsip Otonomi seluas-luasnya berarti daerah diberikan kewenangan mengurus dan mengatur semua urusan pemerintahan diluar yang menjadi urusan pemerintah yang ditetapkan dalam undang-undang tersebut. Prinsip otonomi yang nyata adalah bahwa untuk menangani urusan pemerintahan dilaksanakan berdasarkan tugas, wewenang, dan kewajiban yang senyatanya telah ada dan berpotensi untuk tumbuh, hidup dan berkembang sesuai dengan potensi dan kekhasan daerah. Otonomi yang bertanggung jawab adalah otonomi yang dalam penyelenggaraannya harus benar-benar sejalan dengan tujuan dan maksud pemberian otonomi yang pada dasarnya untuk memberdayakan daerah termasuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Rusli Habibie dan Idris Rahim sebagai Gubernur dan wakil Gubernur yang baru saja dilantik sebagai wujud Demokrasi yang terbangun di provinsi Gorontalo dan seluruh masyarakat Gorontalo pada umumnya memberikan amana kepada pemimpin baru untuk melakukan Penyelenggaraan otonomi daerah juga harus menjamin keserasihan hubungan antara daerah dengan daerah lainnya, yang artinya mampu membangun kerja sama antara Daerah untuk meningkatkan kesejahteraan bersama dan mencegah ketimpangan antara daerah. Sejogyanya pemimpin baru dapat menjalankan tugasnya dengan baik yang penuh rasa tanggung jawab kepada Masyarakat gorontalo sesuai dengan visi dan misinya.

Masyarakat gorontalo pada umumnya menaruh harapan besar kepada Pemimpin baru dapat melakukan perubahan yang siknifikan yang terukur kinerjanya secara akuntabilitas kerna pemimpin baru kita ini mempunyai talenta yang tidak diragukan lagi sudah diketahui secara seksama bahwa dua perpaduan politisi dan birokrat yang masing-masing mempunyai trek rekor yang bersih maka dari itu masyarakat propensi gorontalo menaru harapan besar kepada Gubernur dan wakil gubernur yang baru saja dilantik dua pekan lalu. Dan semoga para kandidat masih konsisten dengan perjanjiannya di KPU yang siap kalah dan siap menang tanpa ada dendam politik untuk mewujudkan visi dan misi gubernur yang terpilih agar saling bahu membahu untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih.

Rusmulyadi SH.MH

Dosen Ilmu Hukum Universitas Ichsan Gorontalo

You may also like...

[user_ip]