Fenomana Via Vallen

Sonny Kusuma
Sekretaris Dewan Kehormatan PERADI DKI Jakarta

Munculnya  Via Vallen menjadi fenomena baru dalam industri musik tanah air khususnya dangdut, namanya kini tengah meroket dan jadi idola baru di kalangan pecinta musik asli khas Indonesia tesebut. Dari masyarakat akar rumput sampai bintang lima, anak-anak sampai orang tua sangat menyukainya. Kehidupan ekonomi Via pun terangkat naik setaraf dengan selebriti papan atas tanah air, lagu Via Vallen  yang judulnya Sayang telah ditonton 119,376,087 views & di share 443K36 ,dengan pengikut Instagran 4,6 juta,namun untuk mencapai populeritasnya seperti sekarang, butuh perjuangan panjang dan ada kisah yang cukup memilukan.  

Lalu apa urgensinya seorang advokat menyikapi fenomena Via Vallen maupun artis-artis lainnya yang telah lebih dulu menyemarakkan blantika dunia hiburan di Indonesia,?? penulis mencoba  menelaah pentingnya peran advokat dalam menunjang karir artis juga mengungkap  kasus-kasus artis yang terjadi di tanah air .

Untuk lebih mengenal dekat dengan sosok Via Vallen serta  latar belakangnya dan orang yang mendorong suksesnya, ada baiknya kita sedikit mengetahui perjalanan hidupnya.

 Siapa Via Vallen  ..??

Perempuan kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1991 ini berasal dari keluarga miskin dan memiliki nama asli Maulidia Octavia . Penghasilan keluarga yang pas-pasan kala itu membuat Via dn keluarganya tinggal di daerah kumuh. , Via Vallen yang kala itu masih kecil “merasa” harus ikut serta membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Hoby menyanyinya membuat Via memutusan untuk  mengamen di perempatan lampu merah demi mendapatkan tambahan uang jajan. Penulis membayangkan, seorang wanita belasan tahun yang mengamen di perempatan jalan tentunya sangat rentan terhadap kejahatan terutama kejahatan seksual..??

Bahwa untuk sampai ke titik sukses seperti saat ini, butuh waktu 10 tahun lebih.    Via bergelut dengan dunia tarik suara sejak kelas V SD. Bahkan  dia sudah berani tampil di pentas seni sekolah dan beberapa ajang lomba menyanyi. Sang ayah, Mohammad Arifin, adalah  penggerak semangatnya

Profesi sang ayah sebagai gitaris ikut memengaruhi kecintaan Via terhadap dunia musik. Meski kini kondang sebagai penyanyi dangdut nasional, rupanya Via sangat menyukai genre musik pop rock sejak menginjak usia remaja. Grup band asal Amerika Serikat Evanescence, penyanyi dengan dandanan nyentrik, Avril Lavigne, yang menjadi sumber inspirasi Via. Nama panggung Vallen juga diambil dari album pertama Evanescence yang berjudul Fallen Sejak awal, Via tidak ingin meniru gaya ’’lama’’ penyanyi dangdut yang lain. Dia ingin tampil dengan style yang lebih segar, muda, dan modern. Gaya perempuan Korea yang dewasa, namun tetap imut atau sentuhan padu padan Harajuku ala Jepang menjadi rujukannya.  Mempunyai kumpulan fans yang bernama : vyanisty dengan jutaan penggemar di seluruh Indonesia. Tampil menarik dengan suara yang merdu serta kecantikan, via vallen juga didukung oleh management artis yang profesional dapat menunjang seseorang artis yang mandapat julukan“Ratu Koplo “ untuk tetap eksis menjalalankan pekerjaannya sampai sekarang.

Pada tulisan dibawah ini akan di bahas mengenai hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh seorang artis dan management artis terutama mengenai penanganan artis secara profesional serta hak dan kewajibannya secara hukum :

Manajer Artis

Profesi manajer artis  sebagai pemandu karir artis memang sekarang ini sebagai salah satu profesi yg bergengsi. Mengapa peran manajer begitu penting? , karena sebagai artis tugas utamanya  adalah berkonsentrasi secara total untuk menampilkan dan atau menunjukkan kemampuannya secara profesional di atas panggung atau dihadapan khalayak ramai.

Tugas manajer artis secara garis besarnya adalah mengelola karir sang artis hingga menangani sisi bisnis musiknya (apabila seorang penyanyi) secara berkesinambungan. Sebenarnya tidak ada pemahaman atau definisi yang baku akan tugas dan fungsi manajemen artis. Masing-masing pihak memiliki pandangan tersendiri akan ruang lingkup mereka sesuai dengan kompleksitas kerja dan tahapan karir dari sang artis sendiri.

Tipikal personal manager (atau disingkat manajer) kebanyakan berfungsi sebagai penasihat, sahabat, analis, pengorganisir, pelaku industri hingga menjaga karir artis. Seorang manajer harus mampu melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda dengan artis. Manajer artis selain pandai juga diharapkan mampu membuat perencanaan karir yang akan diikuti oleh artis guna mencapai tujuan nantinya. Biasanya manajer juga diharapkan mampu membuat keputusan sulit yang tidak bersifat personal.Seorang manager artis juga harus memahami masalah kontrak-kontrak yang akan ditandatangani antara artis dengan pihak lain,untuk itu perlu seorang advokat yang mendampinginya.

Selain itu harus juga diwaspadai  bisa  terjadi Konflik internal antara artis dengan manajer, dimana hal ini sudah sering terjadi. Yang paling umum adalah ketika manajer buron karena melarikan uang sang artis. Hal ini sebenarnya dapat dihindari jika antara artis dengan manajer sejak awal kerjasama memiliki kontrak kerjasama yang mengatur hak dan kewajiban serta fungsi administratif dalam manajemen artis.

Masalah kontrak .

Setiap artis yang menerima suatu job atau pekerjaan tentunya harus ada kontrak secara tertulis. Kontrak tersebut mempunyai kekuatan hukum, si artis tidak boleh sembarangan melanggar perjanjian kontrak tersebut, karena kontrak tersbut pastinya berisikan hak dan kewajiban masing-masing pihak. Lalu apa yang dimaksud dengan kontrak (perjanjian)??  Kontrak (perjanjian) adalah suatu “peristiwa di mana seorang berjanji kepada orang lain atau di mana dua orang itu saling berjanji untuk melaksanakan suatu hal “. (Subekti, 1983:1).

Melalui kontrak terciptalah perikatan atau hubungan hukum yang menimbulkan hak dan kewajiban pada masing-masing pihak yang membuat kontrak. Dengan kata lain, para pihak terikat untuk mematuhi kontrak yang telah mereka buat tersebut. Dalam hal ini fungsi kontrak sama dengan perundang-undangan, tetapi hanya berlaku khusus terhadap para pembuatnya saja. Secara hukum, kontrak dapat dipaksakan berlaku melalui pengadilan. Hukum memberikan sanksi terhadap pelaku pelanggaran kontrak atau ingkar janji (wanprestasi).Berlakunya asas kebebasan berkontrak dijamin oleh oleh Pasal 1338 ayat (1) KUH Perdata, yang menentukan bahwa :”setiap perjanjian yang dibuat secara sah berlaku sebagai undang-undang bagi mereka yang membuatnya“.

Sebelum kontrak disusun atau sebelum transaksi bisnis berlangsung, biasanya terlebih dahulu dilakukan negosiasi awal. Negosiasi merupakan suatu proses upaya untuk mencapai kesepakatan dengan pihak lain. Dalam negosiasi inilah proses tawar menawar berlangsung.

Tahapan berikutnya pembuatan Memorandum of Understanding (MoU). MoU merupakan pencatatan atau pendokumentasian hasil negosiasi awal tersebut dalam bentuk tertulis. MoU walaupun belum merupakan kontrak, penting sebagai pegangan untuk digunakan lebih lanjut di dalam negosiasi lanjutan atau sebagai dasar untuk melakukan studi kelayakan atau pembuatan kontrak.

Setelah pihak-pihak memperoleh MoU sebagai pegangan atau pedoman sementara, baru dilanjutkan dengan tahapan studi kelayakan (feasibility study, due diligent) untuk melihat tingkat kelayakan dan prospek transaksi bisnis tersebut dari berbagai sudut pandang yang diperlukan misalnya ekonomi, keuangan, pemasaran, teknik, lingkungan, sosial budaya dan hukum. Hasil studi kelayakan ini diperlukan dalam menilai apakah perlu atau tidaknya melanjutkan transaksi atau negosiasi lanjutan. apabila diperlukan, akan diadakan negosiasi lanjutan dan hasilnya dituangkan dalam kontrak.

Dalam penulisan naskah kontrak di samping diperlukan kejelian dalam menangkap berbagai keinginan pihak-pihak, juga memahami aspek hukum, dan bahasa kontrak. Penulisan kontrak perlu mempergunakan bahasa yang baik dan benar dengan berpegang pada aturan tata bahasa yang berlaku. Dalam penggunaan bahasa, baik bahasa Indonesia maupun bahasa asing harus tepat, singkat, jelas dan sistematis.

Artis dalam jeratan hukum .

Tersandung  kasus,  seleb ini putus kontrak dengan mitra kerjanya.

Selebriti Tanah Air adalah sosok yang menjadi perhatian banyak orang. Tak heran apabila banyak pihak ingin menjadikan seleb sebagai publik figur untuk sebuah merek. Seleb pun menjadi incaran banyak orang untuk dijadikan sebagai duta atau brand ambassador maupun untuk bekerjasama.Hubungan kerjasama yang terjalin harus terputus lantaran ada sebuah masalah atau kasus. Beberapa seleb Tanah Air berikut ini pernah mengalami putus kontrak kerja lantaran tersandung sebuah kasus. Siapa saja mereka?

  1. Puty Revita.Usai nama Puty Revita terseret dalam jajaran prostitusi kalangan artis. Jebolan ajang Miss Indonesiatahun 2014 ini pun mengalami putus kontrak dengan manajemen yang menaungi Miss Indonesia, Star Media Nusantara. Kendati demikian, menurut pihak Public Relation Star Media Nusantara (SMN), kontrak kerja Puty Revita dengan SMN telah diputus sebelum adanya kasus prostitusi artis.
  2. Saiful Jamil.Saiful Jamil menjadi tersangka atas pelecehan seksual seorang remaja laki-laki. Buntut dari kasus tersebut, juri dalam kontes dangdut D’Academy 3 ini pun diputus kontrak oleh stasiun TV swasta Indosiar.
  3. Stefan William.Pemain sinetron hits ini harus menelan kenyataan bahwa dirinya putus kontrak dengan sebuah house production. Pemutusan kontrak ini disebabkan lantaran Stefan menikah dengan seorang janda, Celine Evangelista.

Bahkan bukan artis saja yang maju ke meja hijau rumah produksipun bersengketa di pengadilan karena ulah artis seperti PT MD Entertainment bersengketa dengan PT Sinemart Indonesia di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Masalahnya masih seputar pelanggaran kontrak artis. Sebelumnya, kedua rumah produksi itu bersengketa karena ‘rebutan’ Cinta Laura.

 

Ada lagi, artis yang berpindah haluan ke Sinemart adalah Rezky Aditya. Pemain film “Suka Sama Suka” itu terlibat sinetron bertajuk “Mimo Ketemu Poscha” produksi Sinemart. MD Entertainment pun meradang hingga mengajukan gugatan ke pengadilan.

 

Pentingnya  Advokat Bagi Artis 

Dari contoh kasus tersebut diatas menggambarkan seorang artis wajib menjaga nama baiknya untuk tidak berbuat pelanggaran hukum dan betapa wajibnya kontrak antara artis dengan mitra kerjanya  dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,kontrak bisa diputuskan secara sepihak oleh mitra kerja  baik kontrak itu sengaja dilanggar artis atau ada perkara hukum lain yang mengakibatkan diputusnya suatu kontrak ,begitu pula dengan via vallen dengan management harus pandai memproteksi diri sendiri untuk tidak berbuat hal-hal tang negatif sebab Via sudah menjadi publik figur yang sepak terjangnya selalu di lihat dan ada yang mengikutinya.

Profesi artis merupakan salah satu profesi yang rentan atas masalah hukum,  selayaknya selalu didampingi Advokat dalam melakukan aktifitas yang berkaitan dengan hukum , tugas Advokat selain mendampingi kliennnya di pengadilan baik hukum perdata maupun hukum pidana juga memberikan melalui pemberian jasa konsultasi, negosiasi maupun dalam pembuatan kontrak-kontrak , profesi Advokat ikut memberi sumbangan berarti bagi dunia hiburan pemberdayaan masyarakat pembaharuan hukum nasional , termasuk dalam penyelesaian sengketa di luar pengadilan.

Sebagai salah satu “vyanisty “ dan sama-sama menyukai group musik Evanescence  band rock Amerika ,berharap via bisa terus eksis berkiprah didunia musik dangdut Indonesia karena kita sayang Vallen  “ Bravo Via Vallen”

Jakarta,08 Januari 2018

 

Oleh:

Sonny Kusuma,SH,MH,Cp.Sp

USA-LAW FIRM

Sekretaris Dewan Kehormatan PERADI  DKI Jakarta

 

 

 

 

You may also like...

[user_ip]